17.5.10

gigi geraham ketiga = menyakitkan T-T

berberapa minggu yg lalu, gue ngerasa gusi di rahang bawah gue bagian pojok kiri *nahloh bingung gak lo?* ngerasa bengkak.. semakin hari semakin bengkak.. di tambah pala gue jadi pusing, telinga berdenging.. agh gak enak banget :(


*kayak gini, tp ini bukan mulut gue :p *


terus dengan sotoy nya temen+gue yakin banget gigi geraham gue yg ketiga mau numbuh :o .. tp gue sadar diri kalo kita ini cuma nubitol yg sotoy.. akhir nya gue nanya di salah satu thread di kaskus yg di buat sama dentist dari RSGM.


kalo ga kebaca :
___________________________________________________________________
putri.zcl (gue) >> permisi dok saya nanya nanya dikit nih
dok.. berberapa hari belakangan ini di rahang bawah ane (pojok kanan sama kiri nya) gusi nya itu kaya bengkak gitu. sakit banget ngelinu. kayak mau keluar gitu gusi nya kata nya temen saya, gigi geraham ketiga saya mau numbuh.. apakah benar? terus kalau emang numbuh apakah akan ngeganggu susunan gigi saya? soal nya lahan tumbuh nya saya rasa kecil dok.. orang cuma sela gusi berberapa cm doang .. apa harus ke dokter gigi yah? rahang saya termasuk kecil, tp gigi nya gede2 ini aja udah ada yg gingsul satu .. kira2 harus gimana ya dok?
oh iya umur saya masih 14 tahun (juni besok 15) apakah gak terlalu cepat buat numbuh geraham ketiga?

makasih dokter
===================================================================

dokter nya >>wah hebat yah...masih muda tapi udah kaskus addict ---> bukti kaskus mempengaruhi psikologi pertumbuhan anak...

apa yang dikeluhkan sebenarnya ga usah terlalu dikhawatirkan, memang rasa sakit pada proses erupsi gigi bungsu (gigi geraham terakhir) pada sebagian orang bikin sakit, dan kebanyakan juga memang tumbuh tidak sempurna, rata-rata rahang orang asia memang demikian sudah mengalami evolusi umumnya gigi besar2 tapi tidak dengan diikuti pertumbuhan rahang juga...akibatnya muncul kondisi kaya gini ---> disebutnya impaksi gigi....

cara mengatasinya? memang sebaiknya sih diperiksakan ke dokter gigi, untuk opsi pencabutan nanti saja dulu, tunggu saja dulu sampai mana proses pertumbuhannya, kalo memang akhirnya jadi mengganggu barulah diambil keputusan buat dicabut saja....soal menggangu atau tidaknya ke bentuk susunan gigi, biasanya pertumbuhan gigi bungsu (gigi geraham terakhir) tidak akan mengganggu ko'....jadi jangan khawatir

semoga bisa menjelaskan dan bermanfaat...



____________________________________________________________________

nyeeehh.. impaksi gigi ? :o ternyata bener kesotoy.an gue selama ini :D gigi geraham ketiga-ku mau numbuh :3 .. tapi gue yakin banget *sotoy lagi kan -,-" * kalo ini gigi bakal di operasi :( soal nya lahan buat keluar nya tuh beneran keuucilll.. T-T tapi aneh bin ajaib.. gue google tentang impaksi gigi.. ternyata tuh umum nya tumbuh di umur 18-30 tahun.. GILE~ gue kan baru mau 15 tahun.. kenapa udah numbuh aje? *pantesan dokter nya ngakak -,-" * terus gue nelpon nyokap yg waktu itu lagi ada di kantor (RSUP Fatmawati)

gue : halo.. mah, masa kata dokter di kaskus aku impaksi gigi mah, gigi geraham ketiga nya mau numbuh?
mamah: yaudah nanti mamah belin ponstan *buat ngurangin rasa sakit*
gue : pake di cabut segala gak sih?
mamah: bentar deh nih mamah tanya, ada dokter nya.. *nyokap lagi di poli, ketemu temen dokter gigi langsung nanya -,-" *

*berberapa menit*

mamah : dek, kata dokternya parodontax kamu di suruh lanjutin..
gue: yaaaaaaaaahhhh T-T enakan pake peps*dent mah T-T
mamah : yee di kasih tau juga, biar ga bengkak tau..
gue : iya deh T-T .. Assalamualaikum.
mamah: Waalaikumsalam.

*tutttt

argghhhhhhhh -________-" gue ga mau pake parodontax :( .. FYI. parodontax tuh odol herbal gitu, ga tau deh manfaat nya buat apaan, pokok nya gue pas terakhir kontrol gigi+scaling gigi di suruh pake itu.. dan ternyata rasa nya......... AAACEEEEMMM :(((( .... gak enak pokok nya deh, gak ada busa busa busa nya gitu T-T.. cuma berberapa minggu gue pake. abis itu gak lagi. langsung pindah ke peps*dent :D jadi parodontax gue ga abis-abis -____-"


*ga abis-abis dari bulan oktober :p *

yaudah, akhir nya gue pake (lagi) tuh parodontax.. ya mungkin karena udah kebiasa sama rasa nya jadi ga kaget2 amet, tapi abis gosok gigi nya ituloh mulut gue jadi asem banget -,-" syeh~

terus rencana nya hari ini gue mau ke dokter gigi, tapi~ gue bangun nya kesiangan :D hehehe jadi di tinggal deh sama nyokap :p hohohoho..

semoga ga sampe cabut gigi yah :( gue anak DP.. tapi ngeri kalo gusi gue di robek, abis itu gigi di dalem nya di cabut.. terus gusi gue di jahit :(

aaaaaaaaaaa~~~~~


1 komentar:

ayu mengatakan...

halo dek...
gak sengaja nemu blogmu...:)
aku juga nih, gerahamku impaksi...yg impaksi yg bawah...dua2nya....yang kiri atas bisa tumbuh, yg kanan atas dokter blum tau n disuru nunggu 1 thn lagi buat tau perkembangannya..

trus akhirnya dokter mutusin buat ngambil 4 gigi tsb sekaligus...udah tanggal 11 kmrn...n gak sakit dek...beneran..:)